Objek Wisata Sawarna

Sawarna merupakan daerah yang berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Banten yang terletak di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Sawarna merupakan Sebuah desa pesisir pantai yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia dengan pantai sepanjang 65 Km dan dihiasi Pasir Putih dan gugusan karang menambah keindahan pantai Sawarna, ketika anda menginjak Desa sawarna ini anda bakal berkesan dengan pemandangan yang asri, karena pemandangan di sekitar desa Sawarna Ini masih sangat Alami yang dapat membuat takjub para pangunjung.

Sawarna memiliki beberapa tempat Wisata diantaranya :


Wisata Desa Sawarna

1. Pantai Ciantir

Wisata Pantai Ciantir memiliki air yang biru hal ini disebabkan karena pantai Ciantir ini merupakan pantai yang sangat curam, sehingga bagi anda yang mecoba bermain dipantai harus lebih berhati-hati karena dibalik keindahan nya pantai sawarna ini memiliki gelombang dan arus bawah yang deras, sehingga tidak sedikit orang yang terseret arus, akan tetapi besarnya gelombang pantai ciantir ini tidak mengurangi keindahan pantai ini karena pantai ini memiliki panorama alam yang masih Alami dan bersih dari sampah.

Pantai Ciantir setiap minggu nya banyak sekali di kunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. untuk para wistawan asing gelombang yang besar di pantai Ciantir ini di manfaat kan untuk bermain Surfing.

2. Pantai Tanjung Layar.

Wisata Pantai Tanjung Layar  merupakan ikon dari Desa Sawarna, pantai ini dinamakan Tanjung Layar karena pantai ini memiliki Sepasang Batu karang yang sangat Besar dan menyerupai Layar Kapal yang sedang terkembang, apabila lautan sedang surut disekitar Karang besar tersebut akan terlihat karang cadas yang terhampar seakan lantai dari sebuah kapal. Jika anda berkunjung ke Sawarna anda wajib mengunjungi pantai yang sangat indah ini.
dipantai ini sangat tidak dianjurkan untuk berenang karena di Pantai tanjung layar ini banyak sekali Karang-karang yang sangat tajam yang dapat membahayakan anda.

3.Karang Taraje

Wisata Karang Taraje merupakan bagian dari gugusan pantai yang terletak di desa Sawarna, karang taraje memiliki panorama yang sangat menarik karena memiliki gugusan karang yang sangat indah, pada bagian pantai terdapat karang yang hampir menyerupai tangga (dalam bahasa sunda "Taraje") ini lay yang menyebabkan pantai ini di sebut sebagai Pantai Karang Taraje. di bagian tengah terdapat karang yang menyerupai Benteng yang memanjang sehingga menambah keindahan pantai, jika air laut sedang pasang  maka anda akan melihat Ombak yang pecah menabrak benteng karang tersebut.

4. Gua Lalay

Wisata Gua Lalay merupakan Gua Kelelawar yang terletak di Kampung Cipanas Desa Sawarna untuk dapat samapai ke Gua Lalay ini anda akan melewati tangga alami yang berupa tanah yang harus ditapaki dan hanya mengandalkan babu sebagai pegangan. walaupun jalan yang harus dilalui relatif pendek akan tetapi anda harus berhati-hati karena kontur tangga yang tidak rata menyabebkan siapa saja yang kurang hati-hati akan terjatuh.
meskitpun demikian Gua Lalay tetap saja menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, wisata Gua lalay ini menyajikan para wisatawan untuk menjelajahi gua lalay yang indah yang dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit di sepanjang dinding gua yang sangat indah. Gua lalay memmiliki panjang 10-15 Km namun untuk menghiondari hal-hal yang dapat membahayakan, Wisatawan hanya diperbolehkan nynelusuri Gua sekitar 150-200 meter karena jika masuk lebih dalam ditakutkan terdapat hewan buas atau bahkan Udara yang mengandung racun.
Gua ini Konon dinamakan Gua Lalay karena dahulu gua ini menjadi tempat tinggal bagi Kelelawar maka masyarakat sekitar menamakan Gua ini sebagai Gua Lalay (Lalay = Kelelawar), namun saat ini sudah sangat jarang sekali Kelelawar yang masuk kedalam Gua ini.
bagi Wisatawan yang ingin menjelajahi Gua lalay ini diharuskan menggunakan perlengkapan Kesalamatan seperti Helm pengaman, Senter, Sepatu Karet, dll. bagi anda yang tidak membawa perlangkapan tidak perlu Khawatir karena pihak pengelola sudah mempersiapkan perlengkapan tersebut untuk disewakan kepada para wisatawan.

Sekian Uraian singkat tentang Objek Wisata Sawarna Semoga bermanfaat.




Oldest