Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif yang memiliki ketinggian 2.084 m dpl. gunung ini Terletak di wilayah bandung Utara tepat nya di Cikole - Lembang Kabupaten Bandung Barat. menurut Legenda gunung tangkuban perahu ini dikaitkan dengan Legenda Sangkuriang yang jatuh cinta kepada Ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi akan tetapi untuk menggagalkan Niat Sangkuriang untuk menikahinya, dayang sumbi mangajukan beberapa persyaratan yaitu untuk membuat sebuah Telaga dan sebuah Kapal yang Besar akan tetapi usaha Sangkuriang ini gagal. Kemudian Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya  tersebut hingga jatuh dalam keadaan terbalik dan konon katanya perahu inilah yang kemudian menjadi gunung tangkuban Perahu.
Gunung Tangkuban Perahu ini sampai saat ini masih menunjukan aktivitasnya yang ditandai dengan keluar nya gas-gas belerang  sehingga menimbulkan bau tidak sedap di sekitar Gunung Tangkuban Perahu jd jangan heran ya klo anda seang mengunjungi daerah Lembang anda mencium Bau tidak enak ya ga jauh lah dengan Bau Kentuttt...... hehehehe...
Gunung Tangkuban Perahu  saat ini menjadi tempat wisata yang sangat sering dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki keindahan yang luar biasa, untuk anda yang akan berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ini dianjurkan unutk membawa jaket karena suhu di Daerah Gunung Tangkuban Perahu ini sangat dingin yaitu antara 17 - 12 derajat bahkan bisa mencapai 5 derajat Celcius.
Sesampainya di gerbang Gunung Tangkuban Perahu anda akan disuguhkan dengan Pemandangan Hutan Pinus dan hamparan Kebun Teh yang dapat menyejukan mata anda, anda akan dimanjakan dengan udara sejuk khas kota lembang yang menjadikan anda ingin berlama-lama untuk menikmati suasana di sekitar Lereng Gunung Tangukban Perahu tersebut, untuk dapat masuk ke areal Gunung Tangkuban Perahu anda Cukup membayar Tiket seharga Rp. 15.000,- Cukup murah kan  ?.
Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki 9 Kawah antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah jurian, Kawah Siluman, Serta Kawah Pangguyungan Badak. Kawah kawah tersebut sangatlah asik untuk dijadikan tempat liburan anda beserta keluarga akan tetapi yang sering dikunjungi oleh poara wisatawan adalah Kawah Ratu dan Kawah Domas karena untuk mencapai Kawah-kawah tersebut cukup Jauh.
Untuk Kawah Domas dapat ditempuh dengan berjalan Kaki sekitar 1 Km dari tempat parkir bawah Wisata Gunung Tangkuban perahu, akan tetapi anda harus berhati hati karena jalan untuk menuju ke Kawah Domas cukup sulit. Kelebihan dari Kawah Domas pengunjung dapat turun lebih dekat di sekitar kawah. Disekitar kawah terdapat sumber air panas yang sangat panas sehingga banyak pengunjung yang menggunakan sumber air panas tersebut untuk merebus Telur, akan tetapi bagi anda yang tidak membawa telur tidak perlu khawatir karena disekitar kawah domas banyak   terdapat pedagang yang menjual telur dan anda dapat menikmati telur Hasil rebusan di kawah Domas ini.
selain Kawah Domas anda juga dapat menikmati pemandangan di sekitar Kawah ratu, Kawah Ratu merupakan Kawah terbesar yang ada di Gunung Tangkuban Perahu, akses jalan menuju Kawah ratu ini sangat lah mudah bahkan anda dapat membawa Kendaraan anda sampai ke bibir kawah ratu ini. Kawah ratu ini memiliki keindahan yang luar biasa akan tetapi kami sarankan agar anda membawa masker untuk menghindari bau belerang yang sangat tajam di sekitar kawah ratu ini, di sepanjang bibir Kawah Ratu ini anda dapat juga berwisata Kuliner karena banyak terdapat pedagang yang berjualan makanan dan minuman Juga Aksesoris-aksesoris Khas Gunung tangkuban Perahu dengan harga yang relatif murah.

Bagi anda yang tidak kuat untuk berjalan kaki di sana tersedia Kuda tunggang yang bisa mengantar anda untuk menikmati Keindahan Gunung Tangkuban Perahu ini
Previous
Next Post »